Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang seni, teknologi, dan komunikasi yang memadukan unsur-unsur visual seperti gambar, teks, dan tipografi untuk menyampaikan pesan secara efektif. Bidang ini memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri.

Peluang usaha di bidang DKV sangatlah luas, mulai dari usaha mandiri hingga bergabung dengan perusahaan atau lembaga. Beberapa peluang usaha yang dapat digeluti oleh lulusan DKV antara lain:

1. Desainer grafis

Sumber : newmed.ac.id

Desainer grafis adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mendesain berbagai elemen visual, seperti logo, poster, brosur, kemasan, dan lain-lain. Desainer grafis harus memiliki keterampilan desain yang baik, serta kemampuan untuk menggunakan berbagai perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Canva, Affinity Designer, Gimp dan sebagainya.

2. Ilustrator

Sumber : www.bounche.com

Ilustrator fokus pada membuat gambar dan ilustrasi yang unik untuk buku, majalah, situs web, produk, atau proyek seni lainnya. Mereka sering memiliki gaya ilustrasi yang khas. Ilustrator menggunakan berbagai perangkat lunak ilustrasi seperti Adobe Ilustrator, CorelDraw, Affinity Designer, Inkscape dan sebagainya.

3. Komikus

Sumber : www.orami.co.id

Komikus adalah seseorang yang menceritakan cerita melalui gambar dan teks dalam bentuk komik. Mereka dapat membuat komik yang terbit secara reguler atau proyek-proyek khusus. Komikus harus memiliki keterampilan menggambar dan ilustrasi yang baik, serta kemampuan untuk menulis cerita yang menarik.

4. Desainer Web

Sumber : www.webarq.com

Desainer web adalah seseorang yang merancang tampilan dan pengalaman pengguna situs web. Mereka bekerja untuk menciptakan situs web yang menarik dan mudah digunakan. Desainer web menggunakan berbagai perangkat lunak web desain seperti Adobe Dreamweaver, WordPress, Figma, WebStorm dan sebagainya.

5. Desainer UI/UX

Sumber : wips.plug.it

Desainer UI/UX adalah seseorang yang mendesain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dari suatu aplikasi atau website. Desainer UI/UX menggunakan berbagai perangkat lunak UI/UX seperti Adobe XD, Figma, Sketch, Invision Studio dan sebagainya.

6. Animator

Sumber : betterteam.com

Animator adalah seseorang yang membuat animasi gerak dalam bentuk 2D atau 3D. Mereka dapat bekerja di industri film, iklan, game, atau animasi edukasi. Animator menggunakan berbagai perangkat lunak animasi seperti Adobe Animate, Adobe After Effects, Adobe Character Animator, Pencil2D Animation, Blender dan sebagainya.

7. Videografer

Sumber : glints.com

Videografer adalah seseorang yang mengambil video menggunakan kamera profesional untuk berbagai proyek seperti dokumenter, iklan, acara pernikahan dan lainnya. Videografer harus memiliki keterampilan pengambilan gambar dan editing video yang baik.

8. Editor Video

Sumber : www.pcmag.com

Editor video adalah seseorang yang merangkai dan mengedit footage video untuk membuat produk final yang menarik dan bermakna. Mereka dapat menggabungkan gambar, suara, dan efek visual. Editor video menggunakan berbagai perangkat lunak editing video seperti Adobe Premier Pro, Filmora, Vegas Pro, Final Cut Pro, CapCut, Corel VideoStudio Ultimate dan sebagainya.

9. Content Creator

Sumber : www.bayarind.id

Content creator adalah seseorang yang membuat konten visual untuk media sosial, blog, atau platform online lainnya. Ini termasuk gambar, video, dan tulisan yang menarik. Content creator harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan untuk menggunakan berbagai perangkat lunak editing.

10. Social media specialist

Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Social media specialist adalah seseorang yang merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan kampanye media sosial untuk meningkatkan kehadiran merek dan keterlibatan pengikut. Social media specialist harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan untuk menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Youtube dan sebagainya.

11. Periklanan (Advertising)

Sumber : AI Canva.com

Periklanan (advertising) adalah salah satu bidang yang merancang iklan visual yang efektif untuk media cetak, televisi, radio, dan internet. Mereka menggabungkan pesan merek dengan elemen visual yang menarik.

12. E-commerce designer

Sumber : AI Canva.com

E-commerce designer adalah seseorang yang bekerja pada tampilan dan pengalaman belanja online. Mereka memastikan situs e-commerce mudah dinavigasi, menarik dan membantu konversi penjualan.

Setiap peluang usaha di bidang DKV memerlukan kreativitas, keterampilan teknis, dan pemahaman tentang pasar serta kebutuhan klien. Lulusan DKV dapat memulai usahanya sendiri atau bergabung dengan perusahaan atau lembaga. Penting untuk terus mengembangkan keterampilan dan berinovasi dalam bidang ini karena tren dan teknologi terus berkembang.

By Ifan OK

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Saya ingin tahu pendapat Anda, silakan beri komentar.x
()
x